Contoh RPP Kelas Rangkap SD III dan IV dengan Model 221 dan Metode Diskusi Meja Bundar
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas rangkap adalah suatu perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru untuk mengajar dua atau lebih kelas yang berbeda secara bersamaan. RPP kelas rangkap harus memperhatikan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, pokok materi, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian pembelajaran dari masing-masing kelas yang digabungkan.
Salah satu model RPP kelas rangkap yang dapat digunakan oleh guru adalah model 221. Model ini berarti guru mengajar dua mata pelajaran di dua kelas yang berbeda dalam satu jam pelajaran. Misalnya, guru mengajar Bahasa Indonesia di kelas III dan Matematika di kelas IV secara bergantian dalam satu jam pelajaran. Model ini memungkinkan guru untuk memberikan perhatian yang seimbang kepada kedua kelas.
Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam RPP kelas rangkap adalah metode diskusi meja bundar. Metode ini berarti guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari siswa dari kedua kelas yang digabungkan. Setiap kelompok diberikan sebuah meja bundar dan sebuah topik pembahasan yang berkaitan dengan materi pelajaran. Guru bertindak sebagai fasilitator dan pengarah diskusi. Setiap anggota kelompok harus berpartisipasi aktif dalam diskusi dan menyampaikan pendapatnya secara bergiliran. Setelah diskusi selesai, guru meminta salah satu perwakilan kelompok untuk menyajikan hasil diskusi di depan kelas.
contoh rpp kelas rangkap sd iii dan iv
Download File: https://climmulponorc.blogspot.com/?c=2tHdP2
Berikut adalah contoh RPP kelas rangkap SD III dan IV dengan model 221 dan metode diskusi meja bundar:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
Satuan Pendidikan
SD Negeri Contoh
Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia (Kelas III) dan Matematika (Kelas IV)
Kelas/Semester
III/I dan IV/I
Waktu
2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia Kelas III:
4. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure.
Matematika Kelas IV:
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat, pecahan sederhana, desimal, persen, serta perbandingan.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia Kelas III:
3.10 Menulis teks fungsional pendek sederhana berbentuk undangan.
Matematika Kelas IV:
3.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan sederhana.
C. Indikator
Bahasa Indonesia Kelas III:
- Menyebutkan tujuan dan isi undangan.
- Menulis undangan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
Matematika Kelas IV:
- Menyebutkan definisi pecahan sederhana.
- Menentukan hasil oper
D. Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas III:
- Siswa dapat menyebutkan tujuan dan isi undangan dengan tepat.
- Siswa dapat menulis undangan sesuai dengan ejaan yang disempurnakan dengan benar.
Matematika Kelas IV:
- Siswa dapat menyebutkan definisi pecahan sederhana dengan benar.
- Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung pecahan sederhana dengan tepat.
E. Pokok Materi
Bahasa Indonesia Kelas III:
Undangan adalah teks fungsional pendek yang berisi permintaan atau ajakan kepada seseorang atau sekelompok orang untuk menghadiri suatu acara. Undangan biasanya memiliki tujuan dan isi yang jelas. Tujuan undangan adalah untuk memberitahukan atau mengundang penerima undangan untuk datang ke acara yang diselenggarakan oleh pengirim undangan. Isi undangan adalah informasi tentang acara yang diundang, seperti nama acara, waktu, tempat, dan kontak pengirim undangan. Undangan harus ditulis sesuai dengan ejaan yang disempurnakan, yaitu ejaan bahasa Indonesia yang berlaku sejak tahun 1972.
Matematika Kelas IV:
Pecahan sederhana adalah pecahan yang memiliki penyebut yang lebih besar dari nol dan lebih kecil atau sama dengan sepuluh. Contoh pecahan sederhana adalah 1/2, 3/4, 5/6, 7/8, 9/10. Operasi hitung pecahan sederhana adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan sederhana. Untuk menentukan hasil operasi hitung pecahan sederhana, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, seperti menyamakan penyebut, menyederhanakan pecahan, dan mengubah pecahan menjadi bilangan campuran.
F. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan dalam RPP kelas rangkap ini adalah metode diskusi meja bundar. Metode ini melibatkan siswa dalam proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Siswa dapat berinteraksi dengan teman-temannya dari kelas yang berbeda dan saling bertukar informasi dan pengalaman. Guru dapat memfasilitasi dan mengarahkan diskusi agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. 0efd9a6b88
https://www.frame42.com/group/frame42-group/discussion/1385c4dd-5c37-4449-ab1b-d08877efd84c